SIAPkerja adalah portal induk yang sekaligus merupakan sebuah ekosistem digital yang menjadi platform bagi segala jenis layanan publik dan aktivitas bidang ketenagakerjaan, baik di pusat maupun daerah.
Diharapkan dengan adanya SIAPkerja ini dapat memudahkan masyarakat, perusahaan, kementerian dan lembaga dalam mengakses layanan yang ada karena sesuai dengan tujuan dari SIAPkerja itu sendiri:
a. Membangun dan mengembangkan ekosistem digital ketenagakerjaan sehingga membuka peluang yang lebih luas bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan ketenagakerjaan.
b. Mempermudah stakeholder (masyarakat, lembaga, perusahaan dan K/L) dalam menggunakan layanan ketenagakerjaan.
c. Dibangun dengan konsep micro services, dimana masing - masing layanan saling ter-integrasi dan sekaligus mewujudkan satu data.
d. Menerapkan Single Sign On (SSO) pada semua layanan, sehingga stakeholder hanya cukup mempunyai satu akun dan satu kali login untuk mengakses semua layanan yang ada.
Berdasarkan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia tanggal 10 Februari 2023 Nomor B-3/01/PK.02.01/III/2023 tentang Penggunaan Siapkerja dan Penerbitan ID Calon Pekerja migran, Panduan Tata Cara terkait pendaftaran Calon Pekerja Migran Indonesia pada Aplikasi SIAPkerja dapat diikuti pada tautan di bawah ini.
Youtube Klik Disini!
Instagram Klik Disini!
Pendaftaran Klik Disini!
Informasi Kontak Layanan Klik Disini!